Minggu, 04 Agustus 2013

Man Of Steel, Mature version of Superman

Holllaaaa!!!!

Masih belum berani buat nge-post Watchmen dan Neon Genesis Evangelion, hari ini saya akan membahas tentang film Superhero dengan tema dewasa lainnya, yaitu "Man Of Steel".

Man Of Steel
(what's the point of being chained anyway?)

Sebelum saya memulai review saya mengenai film ini, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui:

  • I'm not a big fan of Superman: sewaktu kecil saya memang suka nonton film kartun, tetapi Superman menurut saya sangat absurd (untuk standar anak kecil jaman itu), ada beberapa hal yang tidak bisa saya terima dari superhero ini, dan itu meninggalkan image yang sangat jelek hingga kini.
  • Post ini akan membahas film "Man of Steel" sebagai pokok utama, dan Fable dari Superman (comic) sebagai salah satu dasar pembahasan.
Agak sedikit terlambat (sebenernya sih udah telat banget gan) ketika saya menonton Man of Steel, seperti yang saya bilang sebelumnya, saya bukan penggemar berat Superman, bahkan kalau bukan karena disiarkan di tivi, saya mungkin enggak bakalan nonton "Superman Return".

Kenapa saya akhirnya memilih untuk nonton film ini?. Well, gak bisa di pungkiri, nama Zack Snyder as Director dan Christoper Nolan as Producer benar-benar menarik perhatian saya, siapa mereka?.

Christoper Nolan
(Dia kayak Leonardo DiCaprio fusion ama Quentin Tarantino ya?)

Christoper Nolan adalah salah seorang director yang terkenal dengan cerita yang sangat kompleks, pengambilan premis yang menurut saya simple, tapi cerdas, dan itu....adalah daya tarik utamanya di semua filmnya.

Zack Snyder

Zack Snyder.... well, i don't know a lot about his work, tapi salah satu yang mengesankan adalah 300, kemampuanya memberikan atmosfir pada film itu menurut saya sangat keren, dan tehnik pengambilan zoom in - zoom out tapi gak selebay sinetron membuat scene action terlihat jauh lebih juara, and i really want to see what he will do to superman.

What about the actor?, klo soal actor, hanya ada beberapa yang sukai dan Henry Cavill bukan salah satunya. but, well let's review him a little bit


Henry Cavill
(Girls... now is time for scream "GAAANDDDHIII....!!")
So.... Henry Cavill, handome? Yes, tall? Yes, have a great body? Yes, but still i don't impressed by this actor, i don't know why, maybe because i just watch one of his movie, Immortal yang menurut saya.... berusaha terlihat seperti 300 tapi gagal.

Tapi ada satu hal yang saya salut, iri, dan benci dari Henry Cavill...
Dia ternyata pernah berpacaran dengan Gina Carano, 1 on of the hottest MMA in the world!!!!!


F*ck you Henry Cavill
Don't you dare to give me that smile!!!
Dan setelah putus dengan Gina Carano, sekarang Henry Cavill bareng sama Kaley Cuoco!!!! arrrrggghhhh!!!.

Tapi gak bisa di pungkiri, Henry Cavill adalah sosok yang paling mendekati wujud fisik superman, dan saya merasa itu pilihan yang tepat untuk menunjuk dia menjadi superman.

And now... let's talk about the movie!!!!

Man of Steel.... dari pertama ngeliat trailernya saya langsung berpikir buat nabung biar bisa nonton ni film, tapi kampret tak dinyana, gara - gara ban pecah, mesti nabung ulang, trus ketika uangnya udah ada, filmnya yang gak ada (Kampret itu bisa double).

Kalian bisa cari di Youtube, Man of Steel sendiri secara official melaunching banyak trailer official, yang saya suka adalah, ada 3 trailer yang mewujudkan 3 orang yang paling berpengaruh dalam hidup Superman aka Clark Kent aka Kal-El, Jor-El ayah kandungnya, Jonathan Kent ayah angkatnya dibumi, dan General Zod musuh  yang berasal dari planet yang sama DAN memiliki misi yang sebenarnya sama.

Dari 3 trailer ini sudah terlihat betapa complex masalah yang dihadapi oleh superman, kita bukan berbicara soal masalah pertarungan fisik, melainkan mengenai masalah hati nurani.

Kalau di bedah secara sistematis, Jor-El, Jonathan Kent, dan General Zod mewakili 3 permasalahan utama
  • Jonathan Kent: mewakili permasalahan sosial masyarakat di bumi yang takut ketika menemukan sesuatu yang tidak dapat mereka jelaskan, bahkan ketika "sesuatu" (udah berasa syahrini banget) itu menyelamatkan mereka, rasa skeptis, ketakutan, dan terancam akan memenuhi mereka, membuat mereka melakukan serangan berdasarkan rasa terancam.
  • Jor-El: mewakili harapan, harapan yang di letakkan di bahu superman untuk bisa menyelamatkan ras-nya dan menjadi jembatan antara mahluk bumi dengan mahluk krypton.
  • General Zod: mewakili masalah utama dari superman, another bad guys from same race.
Selain permasalahan tersebut, ada juga beberapa issue yang di sentil oleh film ini. Seperti misalnya penggunaan Sumber Daya Alam secara berlebih yang menyebabkan kerusakan ekosistem. Dalam film ini diceritakan bahwa hancurnya planet krypton disebabkan oleh inti planet yang tidak seimbang karena penggunaan sumber daya alamnya yang berlebih.

Mungkin ada banyak hal yang di modifikasi oleh Christoper Nolan sebagai penulis cerita, namun secara fable, Man Of Steel masih mengikuti fable terbaru dari Superman (Golden Age). Bahkan, menurut saya, dengan modifikasi dari Christoper Nolan, dia membuat fable yang jauh lebih rapi, yang lebih bisa diterima, seperti mengapa Superman bisa menyamar dengan mudah, dan mengapa dia memilih menjadi wartawan di Daily Planet, di tempat Lois Lane, yang sudah melihat Superman dengan close-up, bekerja.

Itu secara story, sekarang secara cinematography.
It's totally awesome, cara Zack memberikan atmosfir, pengambilan sudut gambar, kecepatannya dalam melakukan zoom-in zoom-out dalam action scene tanpa membuat penonton merasa pusing, style hand-to-hand combat, it's all amazing. I think Zack should make a dragonball movie!.

Mungkin itu mengapa Christoper Nolan memilih menjadi producer ketimbang menjadi director langsung, kehebatan imajinasi Zack Snyder dalam memvisualisasikan pertarungan cepat, keras, dan penuh impact sangat... sangat... luar biasa, bahkan jauh lebih keren dari pada style pertarungan dalam film "The Avenger", ini seperti.... Dragon Ball dalam version live action.

Menurut saya, ini adalah the next Christoper Nolan's Batman series.

And you know what, Zack Snyder dan Christoper Nolan memberikan statement bahwa mereka akan membuat sekuel dari Man of Steel dengan Batman di dalamnya...

I CAN'T FUCKING WAIT FOR IT!!!!

By the way, that was my review about Man of Steel movie, it's a great movie, both in story and cinematography.

Dan akan saya peringatkan, kalau anda berharap Man of Steel akan sama dengan movie - movie superman sebelumnya, hooo anda akan sangat menyesal, karena Man of Steel is a mature version of superman, it's not for children, and it's... DARK

*JENG JENG JENG JENG*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar